Living in Sydney, Australia part.1 – EDUCATION

256388_304212226363569_15548244_o.jpgThankyou udah mampir ke blog ini, kali ini gue pengen sharing perjalanan waktu gue dulu kuliah dan tinggal di Sydney, Australia kurang lebih selama 5 tahun (2008-2012). Ga nyangka banget sudah 10 tahun berlalu. What amazing journey I’ve been trough! Banyak banget kenangan dan pelajaran berharga yang gue dapet selama gue kuliah disana. (nanti gue bakal share smuanya ke kalian).

Pasti banyak banget pertanyaan bagi yang ingin sekolah atau ambil working visa di Australia. Bagaimana sih cara apply visa student? Apa aja yang diperlukan? Bagaimana kehidupan di Australia (kerja part time, kuliah, tempat tinggal, pergaulan, tempat hangout)? Makanan di sana seperti apa sih? Udaranya gimana? dan masih banyak pertanyaan lainnya. Semoga dengan membaca blog ini kalian bisa dapet gambaran sedikit bagaimana kehidupan kuliah di Australia.

Urus sendiri apa pake agent pendidikan?
Gak perlu repot repot untuk urus semuanya sendiri karena sekarang ada banyak agent pendidikan yang siap membantu contohnya ada IDP. SUN EDUCATION, VISTA EDUCATION dan masih banyak lagi (pastiin pake agent yang sudah berpengalaman dan good track recordnya)! Biasa nya untuk di tahap awal kalian datang ke kantor education agency untuk konsultasi terlebih dahulu, biasa mereka akan memberi saran tentang universitas2 yang cocok dengan minat kita, bagaimana prosedurnya, pengurusan visa, tempat tinggal, IELTS/ TOEFL yang dibutuhkan.

Kalau gue pake jalur lewat 6 months FOUNDATION PROGRAM dari UNIPREP. Uniprep ini sebagai jembatan sebelum kita masuk ke uni (more focus ke UNSW / UNIVERSITY OF NEW SOUTH WALES). Ada 4 jurusan yang tersedia;

  • Physical Science
  • Commerce
  • Arts & Social science
  • Design

Kalau gue ambil untuk jurusan Commerce. Disini ada 6 pelajaran yang harus kalian pelajari Academic English, Mathematics , Economics, Legal Studies, Accounting, and Computing Studies. Di Uniprep juga akan diurus segala keperluan untuk student visa dan enrollment ke university. Untuk university nya gue pilih ke Macquarie University majoring Commerce – Marketing.

 

Nah gue ambil jalur lewat SIBT dulu sebelum masuk ke Macquarie Univeristy, (SIBT & MACQUARIE UNI masih satu area cuma beda block / building aja). Sebenernya di SIBT itu pelajarannya sama dengan mata kuliah tahun pertama di Macquarie University. Disini kelasnya lebih kecil dan biar gak terlalu kaget gitu sih! Nilai Credit kalian di SIBT akan di transfer ke uni dan langsung masuk tahun ke-2 Uni, Untuk menyelesaikan degree Bachelor of Commerce – Marketing kalian harus mengambil total 68 credit / sks. Ada 2x intake di bulan February dan July.

Sebelum masuk ini kalian bakal dapet masa orientasi atau lebih dikenal dengan Orientation Week / O’Week. Berbeda dengan di Indo, masa orientasi disini hanya pengenalan tentang kampus / campus tour, bikin student id, bagaimana enroll kelas melalui website, pengenalan club2 yang ada di kampus (club olahraga, art, religious,dll). Tidak ada tuh yang namanya ospek peloncoan senior ke junior, kekerasan fisik / mental sama sekali tidak diperbolehkan disini.

CAMPUS
View of the central courtyardSource Image: Google

Macquarie_University_Courtyard_HASSELL-6
Source Image: Google

Kampus gue terletak di Suburb an area ( di desa gitu gais), tempatnya luas banget, banyak pepohonan hijau dan juga ada danau nya juga. Banyak seating area juga buat sekedar santai, ngerjain tugas atau ngobrol2 sama temen. Kalian juga bisa enjoy santai di rerumputan di dekat danau. Fasilitas disini juga komplit banget mulai dari canteen ada 2 lantai gais (lantai 2 ada asian food prasmanan gitu biasa gue makan disini pilih 1 nasi 2 sayur gt), kalau di lantai bawah lebih ke western food. Terus ada 2 Library the old and the new one, gym and sport facilities, student support center, student housing dan masih banyak lagi. Selain itu kampuss nya deket deket banget sama mall namanya Macquarie Shopping Center (walking distance tinggal nyebrang aja), kalau bosen makan siang di kampus bisa deh makan di mall tapi harganya cukup menguras kantong

MACQUARIE SHOPPING CENTER

Untitled-design-(1)_2.jpg
Source Image: Google

TRANSPORTATION
Transportasi di Sydney sangat conviniene banget kalian bisa pilih mau naik Train, Bus, Ferry atau Light Rail untuk bepergian. Waktu jaman gue kuliah disana ada 4 jenis kartu transportasi seperti ini! Kalau gue biasa pake My Multi Kuning yang bulanan, kalau yang kuning jalurnya lebih luas dan bisa pake untuk train bus ferry atau light rail! Dari City bisa pake Bus 288 / 290 atau train langsung ke Macquarie University station.
myzone
TRAIN AREA

2014-02-18-opal-rollout-rail-map

Nah kalo sekarang udah ganti gais dengan kartu ini namanya OPAL

adultopalmalehands

Opal.png

Katu Opal ini dapat digunakan untuk perjalanan menggunakan bus, train, lighrail dan juga ferry. Biaya perjalanan jadi lebih murah dibanding kan beli tiket single-trip.

CLASS ROOM

TUTORIAL ROOM

OLYMPUS DIGITAL CAMERASource Image: Google

AUDITORIUM / LECTURE CLASS

unistudents
Source Image: Google

Untuk kelas di Macquarie University ada 2 macam kelas, 1 untuk lecture room biasa di room auditorium yang besar, 2 kelas yang relatif kecil atau tutorial room biasanya lebih untuk membahas tugas, group discussion atau presentation itu dilakukan disini. Untuk Lecture Class tidak ada absen dan tidak diwajibkan datang, kita bisa join kelas mana saja diluar jadwal kita bahkan kalau belum ngerti kita bisa ikut kelas yang sama di jadwal yang berbeda. Buat gue kelas ini sedikit boring, kadang gue gak pernah dateng ke lecture room. Karena semua materi pelajaran, ppt, audio bisa ditemukan di portal student ( tinggal download aja trus baca sendiri deh di rumah). Biasa gue manfaatin waktu buat bekerja part time. Kecuali kalau menjelang test / exam gue bisa dateng ke 2 kelas yang berbeda dengan dosen berbeda demi mendapat kisi2 ujian (cukup ampuh buat dapet nilai bagus).

Nah kelas yang ke-2 yaitu Tutorial Room kalau ini kalian wajib dateng gais, karena ada absent nya. Biasa di kelas ini lebih membahas soal soal latihan, presentasi dan grup discussion. Untuk tugas nya disini kebanyakan kita harus nulis essay, setiap tulisan kita akan di submit lewat TURNITIN untuk ngecek plagiarism, berapa kesamaan tugas kita dengan teman kita atau article yang sudah pernah di publish di internet, quotation / quote dari article maupun jurnal yang sudah pernah ada. Jadi ga bisa asal copy paste materi dari internet gais! Bisa kena sangsi fatal !

 

(jangan ditiru gais gak bole bawa makanan dan minuman dan ngemper dibawah sperti itu)

Oh ya untuk tempat belajar kalian bisa belajar di Library, waktu jaman gue beres kuliah disini Library yang Baru nya baru aja selesai dibangun, gak sempet ngerasain belajar di Libary Baru. Library yang Lama luas banget dan lengkap, kalian juga bisa foto copy dan pinjem buku disini pake student id kalian.

FRIENDS
Di jaman gue majority studentnya berasal dari Mainland China dan Asia. Kalau bahasa inggrisnya mau bagus dan lancar disarankan kalian berteman dengan bule. Selain bisa ngelancarin bahasa Inggris kalian juga bisa belajar tentang culture mereka. Kalau gue sih temen nya orang Indo semua ( jangan ditiru). So gais di Sydney ini kalian gak perlu merasa takut sendiri, kalian bisa ikut organisasi di kampus. Di Macquarie Uni ini ada PPIA (Perhimpunan Pelajar Indonesia Australia) dan BIG ( Building Influence Generation) dari Gereja Rock Sydney. Mereka sering mengadakan acara seminar, movie night, bbq, indofest dan masih banyak kegiatan seru lainnya.

PPIA

Campus TourDSC_0145

PPIA Revitalising Indonesia’s Knowledge Sector Project
DSC_0121

Lagi di Foodcourt nya Macquarie Center nih

DSC_0249

GRADUATION
DSC_0132a

DSC_0202a
Yay finally lulusssss 😛 OFFICIAL B-COM – MARKETING!
Graduation Lunch
DSC_0232Graduation DinnerDSC_0249

This is not the end…Gue masih pengen stay di Sydney, gue ahirnya memutuskan utuk ambil S2 di salah satu universitas yang menurut gue gak susah pelajarannya di Central Queensland University. Ga jelek2 amat dan masih dalam List Good Ranking Australian Univeristy. Daripada ambil kursus atau course yang gak jelas di college abal2. Di CQU ini sistemnya trimester (dikebut dalam 1 tahun gais) wwkkw dan gak harus buat thesis. Melanjutkan degree gue yang sebelumnya, gue ambil major International Business. Disini belajar lebih mengenai hubungan bisnis antar negara itu seperti apa, gimana hukum yang berlaku dan lain lain. Dan finally gue berhasil mendapat gelar Master of International Business disini.YAY!!! Kira2 lanjut lagi gak nih?

736617_311844142267044_249364113_o.jpg

MASIH LANJUT DONK GAIS KULIAHNYA 😛  jangan bosen2 bacanya
OK! GW MASIH BERPIKIR GIMANA CARANYA SUPAYA GUE BISA PR DAN STAY DI AUSIE? HMM. Kalo mau ambil PR point2 gue gak cukup karena untuk PR biasanya major yang diambilnya tuh harus Accounting, Nursing, atau Teaching. Nursing gak mungkin, Accounting BIG NO gue ga suka banget sama pelajaran ini, nah Teaching kayaknya ide bagus! Coba browsing2 ahirnya gue ambil 1 Year Course GRADUATE CERTIFICATE in EDUCATION di AUSTRALIAN CATHOLIC UNIVERSITY (gaya bangett nih gw jadi guru)! Disini gue dapet pengalaman kerja magang di sekolahan Trinity Catholic College.

TRINITY CATHOLIC COLLEGE – AUBURN SYDNEY

68338_10152285169950066_1893000469_n.jpg

HANGOUT FRIENDS

Dimana pun kita berada kita harus pandai2 memilih teman, karena kita disini jauh dari keluarga. Kalo ortu gue selalu kontak sih minimal seminggu sekali menanyakan keadaan gue. Puji tuhan selama gue di Australia gue dapet circle of friend yang menurut gue sih kekeluargaan dan baik baik semuanya. Pertama kali sampe sini gue diajak temen gue ke Gereja Kristen Rock Sydney. Gue sebenernya Katolik dan pergi ke gereja hanya Natal dan Paskah aja. Tapi ketika join gereja disini dan mulai aktif juga dengan persekutuan / komsel, gue banyak diubahkan dan semakin bertumbuh dalam Tuhan (sampe saat ini jadi perginya ke gereja kristen). Mulai ikut pelayanan juga di Hillsong Kids sebagai guru sekolah minggu untuk anak anak. Menurut gue si sama aja, Tuhan nya sama kok, cuma mungkin tata cara ibadahnya saja yang berbeda. Tapi gue percaya dimanapun yang penting kita dapat semakin bertumbuh dan menjadi orang yang lebih baik. Tahun2 terahir gue diajak ke Gereja CLC dan ikut komsel nya juga, orang2nya semuanya luar biasa banget.

Kalo weekend ngapain aja? Weekend gue biasa nya pergi kuliner bareng temen2, pergi karaoke, bbq an, masak2 di rumah temen, keliling sydney, jalan2 keluar kota (Melbourne, Canberra), ocassionally pergi ke club juga tapi gak sering sering sih.

65058_10152313388380066_232279297_n

CHURCH FRIENDS
My CLC KOMSEL – biasanya di apartement gue komselnya
72464_10150277571565066_95773_n40208_10150237523305066_2290025_n

HILLSONG KIDS TEAM

255131_10152291989130066_1392414231_n
WITH MORMON GUY
522733_10152318728440066_860628475_n

I DID PARTY-iin Too! 😛

221705_10150553382240066_4312243_n

Bersambung…

Advertisements

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.